PELAKSANAAN | : | 15 Mei – 19 September 2020 |
PESERTA LOMBA | : | Semua mahasiswa program studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
PESERTA ACARA PUNCAK | : | Para pemenang dan mitra terkait lainya |
ACARA PUNCAK | : | Sabtu, 19 September 2020 |
LOKASI ACARA PUNCAK | : | Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) |
Pelaksanaan acara puncak akan diinformasikan kemudian, menyesuaikan dengan situasi covid19. |
Guru dituntut memiliki pengetahuan akademik serta keterampilan berpikir, manajemen, dan komunikasi yang handal. Kekurangan salah satu dari keempat pengetahuan dan atau keterampilan tersebut menyebabkan berkurangnya mutu dalam proses pembelajaran. Di samping itu, Guru diharapkan mampu bersinergi yang akan tercermin dari kemampuannya dalam menemukan solusi atas persoalan yang dihadapi dengan cepat dan tepat. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, Guru harus dibiasakan untuk berpikir dan berperilaku kreatif (unik dan bermanfaat) dan konstruktif (dapat diwujudkan).
Sejalan dengan arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa guru harus dapat menumbuhkan potensi anak secara optimal sesuai dengan karakteristik anak, maka diharapkan guru mengambil tindakan yang muaranya memberikan hal yang terbaik untuk peserta didik dengan istilah Guru Penggerak. Dalam masa pandemic COVID-19, mahasiswa pun dituntut untuk senantiasa mengembangkan pembelajarannya secara online, kreativitas ini perlu terus ditumbuhkembangkan, sehingga membekali kemampuannya menciptakan berbagai layanan pembelajaran kepada anak didiknya dalam situasi apapun.
Universitas Terbuka (UT) telah berupaya mendorong Mahasiswa untuk ikut aktif dan berperan optimal dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan. Untuk meningkatkan partisipasi Mahasiswa Guru dalam. kegiatan inovasi dan kreativitas, UT merencanakan penyelenggaraan kegiatan lomba yang berskala nasional dalam bentuk Lomba Inovasi Pembelajaran dan Kreativitas Mahasiswa Nasional (LIP-KMN) tahun 2020. Kegiatan LIP-KMN ini diselenggarakan sesuai dengan standar aturan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kegiatan ini juga melibatkan pakar yang ahli dibidangnya sebagai dewan juri.
TUJUAN
- Secara umum tujuan LIP-KMN adalah memandu Mahasiswa menjadi pribadi yang (1) tahu dan taat aturan (2) mandiri-kreatif-inovatif, serta (3) objektif-kooperatif dalam membangun ke-Bhinneka Tunggal Ika-an intelektual.
- Tujuan Khusus,
Secara khusus tujuan LIP-KMN mencakup tiga hal berikut ini.
a. Sosialisasi program pendidikan FKIP dalam mendidik generasi emas bangsa Indonesia
b. Menyediakan kesempatan kepada Mahasiswa untuk berinovasi dan berkreasi sesuai bidang ilmu yang dimiliki dengan mengikuti peraturan yang ada
c. Memberikan kesempatan kepada pakar, profesional, dan administrator pendidikan untuk terlibat dan organisasi profesi dalam pembinaan mahasiswa yang terkait dengan kemandirian, kreativitas, inovasi, dan kerjasama
HASIL YANG DIHARAPKAN
Dari kegiatan LIP-KMN 2020 diharapkan hasil sebagai berikut.
- Tersosialisasinya program FKIP yang penting dalam mendidik generasi emas bangsa Indonesia;
- Mahasiswa dari seluruh Indonesia berkesempatan menunjukkan kreativitas mereka dalam menghasilkan beragam karya yang inovatif dengan tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku;
- Pakar dan profesional dari seluruh Indonesia serta administrator pendidikan di lingkungan wilayah kerja Tangerang Selatan yang mengedepankan inovasi, kemandirian, dan kreativitas mahasiswa.
SELEKSI
Seleksi akan dilakukan secara berjenjang dalam tempat tahap sebagai berikut.
A. Tahap 1. Seleksi Administrasi
- Seleksi administrasi dilakukan untuk melihat kesesuaian hasil karya yang dilombakan dengan tema LIP-KMN 2020.
- Seleksi administrasi dimulai setelah peserta mengisi Registrasi (15 Mei – 5 Juni 2020)
- Hasil seleksi diumumkan tanggal 8 Juni 2020 di website fkip.ut.ac.id
B. Tahap 2. Penilaian Substansi Karya
- Peserta yang lulus seleksi administrasi meng-upload karya inovasi pembelajaran/video/foto/produk yang akan dilombakan dari tanggal 8 Juni d. 27 Juli 2020 di website www.fkip.ut.ac.id pada menu INFO > EVENT> LIP-KMN 2020
- Penilaian substansi karya inovasi pembelajaran/video/foto/produk dilakukan untuk menentukan karya yang layak untuk menjadi finalis dilaksanakan mulai tanggal 28 Juli d. 19 Agustus 2020
- Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen yang telah ditetapkan (lihat Lampiran 1, 2 dan 3).
C. Tahap 3. Penentuan Finalis
Hasil penilaian diumumkan tanggal 28 Agustus 2020 di website www.fkip.ut.ac.id.
D. Tahap 4. Presentasi Finalis di UTCC pada acara puncak tanggal 19 September 2020.
JENIS LOMBA
LIP-KMN 2020 akan melombakan tiga kelompok lomba (Pendidikan Karakter, Seni & Olahraga, serta Karya Nyata Inovatif) dengan total 10 jenis lomba
NO | JENIS LOMBA | PRODUK |
Karya Nyata Inovatif (PKM-KEWIRAUSAHAAN DAN PKM PENERAPAN TEKNOLOGI) | ||
1. | Karya Nyata Pembelajaran Inovatif:
|
Video + Sinopsis |
2. | Setting Kelas/Ruang Tema Inovatif | Video + Sinopsis |
3. | Aplikasi Pembelajaran | Produk |
4. | Teacherpreuneur Penciptaan Prototype Berbagai Produk inovasi bernilai Ekonomis | Video + Sinopsis |
Pendidikan Karakter (PKM-KARYA CIPTA) | ||
5. | Laboratorium Pembelajaran | Laporan |
6. | Kepustakaan | Laporan |
7. | Fotografi: Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Karya Guru/Anak semasa Belajar dari Rumah | Foto |
Seni dan Olahraga (PKM-KARYA CIPTA) | ||
8. | Seni Gerak/Tarian/Lagu untuk Pembelajaran | Video + Sinopsis |
9. | Explorasi Permainan Tradisional untuk Pembelajaran | Video + Sinopsis |
Sumber : http://fkip.ut.ac.id/index.php/lip-kmn2020/